Hidup Jangan Terlalu Polos, Atau Myesal!

6:53 PM
Hidup dizaman sekarang penuh dengan trik dan tipu daya. Jika dulu peribahasa "Lebih kejam dari ibu tiri" hanya berlaku untuk dunia politik saja, maka sekarang justru sering terjadi dalam keseharian kita. Kekejaman yang melebihi ibu tiri bisa terjadi dikalangan keluarga, saudara, rekan kerja, dan lain sebagainya. Korbannya tidak lain yaitu orang baik dengan pemikiran polos yang senantiasa menganggap semua orang baik. Sehingga tidak heran jika pada akhirnya timbul pemikiran "Jahat atau dijahati"

Tentu saja tidak begitu pada praktiknya. Kita bisa tetap menjadi orang baik tanpa harus tertipu, kita bisa tetap berbuat baik tanpa tersakiti. Adapun caranya hanya satu; TIDA POLOS.

Apapun agama yang kita anut, tentu kita pernah diwarnai (diajarkan) bahwa dalam kehidupan ada hal baik dan buruk, ada kebaikan dan keburukan. Sebaik apapun kita, pasti ada sisi jahatnya. Karena manusia memiliki nafsu dan akal.

Dalam sebuah literatur keagamaan disebutkan bahwa " jika akal seseorang mengalahkan nafsunya, maka dia lebih baik dari malaikat. Sedangkan jika nafsunya mengalahkan akalnya, maka dia lebih buruk dari kerbau dan sapi (hewan)". Mengapa ddemikian? Karena manusia memiliki akal sekaligus nafsu. Sedangkan malaikat hanya memiliki akal saja dan hewan hanya memiliki nafsu saja.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »