Bangun Rumah Tahun Depan, Belanja Material Tahun Ini

11:15 AM

Bangun Rumah Tahun Depan, Belanja Material Tahun Ini: Cara ini sering disebut dengan istilah "ilmu rayap" karena kita belanja kebutuhan material secara bertahap / merayap.


BELANJA MATERIAL TAHAP PERTAMA: FONDASI

Biasanya yang pertama kali dibeli yaitu material yang dibutuhkan untuk membuat fondasi rumah seperti footplate/ cakar ayam, besi sloof, batu kali, semen, pasir, batu split, dan lain sebagainya. Setelah material untu pembangunan fondasi rumah lengkap, maka proses pembangunan fondasi bisa segera dimulai.

Sampai pada tahap ini kita bisa membiarkan fondasi rumah tersebut apa adanya....

BELANJA MATERIAL TAHAP KEDUA: DINDING       

Pada tahap kedua ini kita mulai belanja material yang dibutuhkan untuk mendirikan bangunan. Tentu dilakukan secara bertahap menyesuaikan keuangan kita. Biasanya yang pertama dibeli yaitu material yang tidak mudah rusak terlebih dahulu, seperti besi untuk kolom. Selanjutnya disusul dengan membeli bata, pasir, batu split, dan kusen pintu dan jendela.

Pada tahap ini sebagian orang segera mendirikan bangunan sampai batas balok. Namun saya lebih memilih menunggu sampai material untuk bagian atasan terkumpul terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar bangunan tersebut tidak terkena hujan dan terik matahari terlalu lama.

BELANJA MATERIAL TAHAP KETIGA: ATAP

Tahap ini bisa dikatakan belanja material tahap terakhir. Pada tahap ini material yang pertama dibeli yaitu besi untuk ring balok, kemudian genteng, dan kayu untuk rangka atap. Proses pembuatan atap sudah bisa dimulai.

Sampai tahap ini bangunan yang kita buat sudah tertutup. Langkah selanjutnya kita bisa membeli daun pintu dan daun jendela. Daun pintu dan jendela didahulukan agar bangunan yang kita buat bisa dijadikan sebagai tempat barang/ material yang dibutuhkan untuk proses finishing rumah. Misalnya granit, semen, dll.

FINISHING

Proses finishing sebaiknya dimulai dari kamar tidur utama terlebih dahulu. Kita bisa memulai proses menembok dinding dan mengecatnya, pemasangan plafond, pemasangan granit, Selanjutnya finshing kamar mandi, dapur, kamar tidur lainnya, ruang tamu, ruang keluarga, kemudian baru finshing bagian luar rumah. 

Proses pembangunan rumah tempat tinggal dengan memakai "ilmu rayap" ini sudah teruji dan terbukti sejak lama. Banyak orang berpenghasilan rendah dapat memiliki rumah dengan cara ini. Cepat atau lambatnya proses ini tergantung kegigihan kita masing-masing. Untuk orang dengan penghasilan yang stabil umumnya dapat dicapai dalam waktu satu tahun.

Jangan pernah berpikir untuk menabung dalam bentuk uang untuk membuat rumah, karena harga material terus naik dari tahun ke tahun. Selain itu, kita gampang tergoda dengan barang-barang lain yang sebenarnya kurang dibutuhkan, sehingga uang terpakai lagi dan lagi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »