Bunyi Nyaring Saat Pertama Kali PC Dinyalakan

7:22 PM
Bunyi Nyaring Saat Pertama Kali PC Dinyalakan: Pernah suatu hari saya dikagetkan dengan bunyi nyaring ketika saya mencoba menyalakan komputer dipagi hari. Saya pikir bunyi tersebut berasal dari cooling fan untuk processor atau Power Supply Unit (PSU). Namun ternyata bunyi nyaring tersebut bukan dari keduanya. Hal itu saya ketahui setelah saya menahan semua fan dengan obeng sehingga tidak ada satupun fan yang dapat berputar. Tak terkecuali fan yang terdapat didalam PSU.

Bunyi Nyaring Saat Pertama Kali PC Dinyalakan
Bunyi Nyaring Saat Pertama Kali PC Dinyalakan
Namun begitu, komputer dapat menyelesaikan proses booting dengan semestinya, dan saya pun dapat bekerja seperti biasa. Namun, tentu saja bekerja ditengah kebisingan sangat mengganggu sekali terutama saya menggunakan komputer tersebut untuk menulis artikel. Termasuk artikel yang sedang kawan baca ini. Namun apalah daya, beberapa kali saya membuka kesing PC, namun akar masalahnya belum juga saya temukan. Sehingga terpaksa saya kembali bekerja ditengah bunyi nyaring PC yang sangat mengganggu.

Baca: Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Selang beberapa hari, saya kembali menyalakan komputer seperti biasa. Alangkah kagetnya saya karena saya tidak mendengar lagi bunyi nyaring dari dalam PC yang kerap mengganggu. Lebih kaget lagi saya tidak melihat ada tanda-tanda kehidupan didalam kesing. Baik berupa getaran apalagi suara. Saya kembali menekan tombol power untuk meyakinkan, namun PC tetap tidak bergeming. “Rupanya PC andalan saya ini benar-benar mati total”, pikir saya dalam hati.

Saya mencoba membuka penutup kesing PC kemudian memperhatikan semua komponen yang terpasang secara seksama. Tidak lupa juga saya mengecek semua kabel, baik yang berasal dari Power Supply ke motherboard maupun yang berasal dari motherboard ke tombol power pada kesing. Namun semuanya tampak baik-baik saja. Sehingga saya curiga masalah berasal dari Power Supply. Maklum, PSU abal-abal serta sudah lama saya gunakan sehingga sangat wajar jika akhirnya PSU mati total. Terlebih lagi PC tersebut selalu nyala setiap hari selama saya terjaga.

Untuk memastikannya, saya mencopot semua konektor ke motherboard, cooling fun processor, hard disk, dan kabel yang ke CD ROM. Selanjutnya, saya menggunakan metode sederhana untuk mengetahui apakah PSU mati atau tidak, yaitu dengan menghubungkan (jumper) kabel warna hijau dengan kabel abu-abu atau hitam menggunakan potongan tembaga. Benar saja apa yang saya duga sejak awal, PSU tersebut benar-benar mati total. Hal itu ditandai dengan tidak berputarnya fan PSU meski kabel warna hijau dan abu-abu telah dihubung-singkatkan dengan sebuah potongan kawat tembaga.

Agaknya, bunyi nyaring yang keluar dari dalam PC tersebut menandakan Power Supply yang sedang sekarat alias meregang nyawa. Kalau sudah begitu, mau tidak mau saya harus merogoh kocek untuk membeli Power Supply baru agar komputer saya dapat beroperasi seperti semula.

Pernahkah kawan mengalami hal serupa? Tidak ada salahnya kawan berbagi disini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Joko Santoso
AUTHOR
3/19/15, 10:28 AM delete

harus hati-hati kan bro?

Reply
avatar
Ang Ghufron
AUTHOR
6/21/15, 3:01 AM delete

Tentu saja biar gak menambah kerusakan :)

Reply
avatar