Hobby Aeromodelling: Tips Memilih Ukuran Helicopter RC

3:53 PM
Hobby Aeromodelling: Tips Memilih Ukuran Helicopter RC
Hobby Aeromodelling: Hobby aeromodelling semakin digandrungi kaula muda Indonesia, baik pembuatannya maupun hanya sekedar menerbangkannya. Tidak heran jika pada akhirnya hobby aeromodelling banyak digandrungi karena hobby yang satu ini membutuhkan keahlian terutama untuk dapat merancangnya. Jangankan untuk merancangnya, untuk memainkan helicopter RC saja membutuhkan proses belajar yang lumayan sulit.


Saya sendiri sebenarnya baru beberapa bulan terakhir menggandrungi hobby memainkan helicopter RC dan hingga tulisan ini diterbitkan saya belum begitu mahir dalam memainkannya. Heli RC yang baru saya beli sering terjatuh dan bahkan tidak jarang mengalami kerusakan fatal karena terjatuh atau menghantam benda keras sehingga ada beberapa part heli RC punya saya yang perlu dilakukan penggantian.




Dari seringnya mengalami kerusakan pada helicopter RC kesayangan, akhirnya saya berani memperbaikinya sendiri, karena kalau harus dibawa ke tukang service heli RC, maka biayanya lumayan besar. Kini saya selalu memperbaiki heli RC milik saya apabila terjadi kerusakan padanya sehingga biaya lebih murah ketimbang dibawa ke tukang service mainan heli RC. Tidak jarang pula saya melakukan sedikit perubahan/ modifikasi pada heli supaya berbeda dengan heli yang lain meski merk dan type sama.

Tips Memilih Ukuran Helicopter R/C

Jika saat ini Anda berniat membeli helicopter RC, sebaiknya selain mempertimbangkan harga, juga Anda mempertimbangkan ukurannya.

1# Helicopter RC Mini

Helicopter RC ukuran paling kecil lebih murah dan lebih mudah diterbangkan didalam ruangan. Dipasaran, helicopter mini 3 CH dijual sekitar Rp. 250.000 sampai Rp. 350.000. Akan tetapi helicopter mini ini memiliki komponen/ part yang sangat kecil sehingga mudah patah/ rusak ketika jatuh dan membentur benda keras.

2# Helicopter RC Medium

Heli RC ukuran medium lebih mahal dibanding heli mini, harga heli medium dipasaran sekitar Rp. 450.000 sampai Rp. 500.000. Menerbangkannya sedikit lebih susah tapi kompoinen lebih kuat dibanding helicopter RC mini. Menurut saya heli ini sangat cocok untuk seorang pemula. Untuk helicopter yang single blade harganya jauh lebih mahal dan menerbangkannyapun lebih sulit, namun kelebihannya helicopter single blade dapat melaju dengan cepat dan lebih mampu melawan angin.

Hobby Aeromodelling: Quadcopter Pertama Didunia
Quadcopter pertama didunia. Lihat detail....
Perlu diketahui juga bahwa control helicopter ada yang menggunakan radio dan ada pula yang menggunakan infrared. Untuk heli dengan infrared control tidak cocok diterbangkan diluar rumah terutama disiang hari.

Sekian tips membeli helicopter RC kali ini, silahkan tambahkan pengalaman Anda yang telah berpengalaman di hobby aeromodelling yang telah memiliki helicopter RC dengan ukuran yang lebih besar.

CATATAN: Tempat service helicopter RC masih sulit ditemukan. Oleh karena itu, barangkali ada kerusakan pada helicopter kesayangan Anda, maka saya dapat membantu memperbaikinya (Tergantung tingkat kerusakan). Untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya bisa datang langsung ke rumah saya. Sedangkan untuk Anda yang berada diluar kota dapat mengirimkan heli yang rusak ke alamat saya yang tertera disidebar sebelah kanan. Ongkos kirim PP ditanggung pemilik helicopter. HP: 081295888993(SMS mungkin tidak dibalas)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

16 komentar

Write komentar
Ang Ghufron
AUTHOR
3/5/14, 8:33 AM delete

selamat deh untuk pertamaxnya .... :v

Reply
avatar
3/31/14, 11:32 AM delete

Pas banget nih buat ane yang ada rencana buat beli Helikopter RC, masih nabung dulu..

Setelah baca, kayaknya bagusan yang ukurannya medium ya gan. Ane pernah beli yang ukurannya kecil, kurang bagus gan, main diluar rumah aja gak bisa..

Reply
avatar
Ang Ghufron
AUTHOR
3/31/14, 12:37 PM delete

Ukuran helikopter RC tidak terlalu berpengaruh gan. Misalnya WL Toys V911 meski termasuk helikopter micro, tapi jauh lebih tahan angin dibanding Volitation yang berukuran jumbo.

Menurut saya, untuk helikopter RC 4CH yang paling pas buat pemula itu WL Toys V911 dan WL Toys V912. Selain mudah dikendalikan, juga tahan banting. Heli punya saya sering terjatuh beberapa kali, tapi alkhamdulillah gak kenapa-kenapa.

Agar dapet V911 dan V912 dengan harga jauh lebih murah, coba belinya disini aja: http://goo.gl/Vqq2Ig

Reply
avatar
indra maulana
AUTHOR
6/11/14, 6:22 PM delete

mas, rc helicopter saya rusak..
gk bisa jalan...
lampu led nyala, tp d jalankan pke remot kontrol gk mao berputar baling2nya...
itu knpa ea...

pas bgt, saya tinggal d cirebon...

Reply
avatar
Ang Ghufron
AUTHOR
6/12/14, 4:49 PM delete

penyebabnya bisa macam2. Bisa dari remote, bisa juga dari motornya...

Oh iya, Cirebon-nya dimana?

Reply
avatar
10/3/14, 9:52 PM delete

gan saya mau tanya,,,, saya punya rc heli wl v912 upgrade version, masalahnya kalo terbang badan heli nya muter muter, apa nya yang rusak ya,,,, tolong bantuanya.

Reply
avatar
Ang Ghufron
AUTHOR
10/4/14, 11:06 PM delete

Heli RC terbang berputar dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan; tail dinamo lemah, flybar atau innershaft bengkok.

Reply
avatar
10/5/14, 7:58 AM delete

tail dinamo saya putaranya terlalu cepat gan meski gas baru sedikit, kalo gas d full malah gx muter tail dinamonya,,,, kira2 kaloseprti itu mslhnya gimana gan, mohon penjelasanya.

Reply
avatar
10/5/14, 8:03 AM delete

saya udah cek flaybar sama innershaft masih bagus gan.

Reply
avatar
Ang Ghufron
AUTHOR
10/5/14, 9:54 AM delete

Dugaan saya itu akibat PCB rusak. Tapi untuk memastikan perlu diperiksa secara teliti...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/15/14, 11:49 PM delete

wl 912..problem.. kalau maju heli nya malh naik susah untuk maju,,trus saat maju tuas remot untuk maju di lepas heli nya malah mundur,,,kalau boleh tau apa masalah nya Gan?

Reply
avatar
Ang Ghufron
AUTHOR
2/24/15, 3:30 AM delete

Sepertinya masalah heli tersebut ada di tuas remote kontrolnya gan. coba dibongkar barangkali ada yang short...

Reply
avatar
1/10/16, 5:00 AM delete

Bro mau nanya, bisa kah heli tipe v912 dikendalikan dengan remote heli tipe v911? Bantu bro

Reply
avatar
tardi270715
AUTHOR
5/4/17, 3:44 PM delete

Minta Alamat Jelas saya Langsung Cus Ke Rumah Agan ... Kira" Biaya Service Brp?

Reply
avatar
tardi270715
AUTHOR
5/4/17, 3:49 PM delete

Minta Alamat Jelas saya Langsung Cus Ke Rumah Agan ... Kira" Biaya Service Brp?

Reply
avatar